5-Tips-Percaya-Diri-Public-Speaking-Bahasa-Inggris

5 Tips Percaya Diri Public Speaking dalam Bahasa Inggris

KAMPUNG INGGRIS – Kita sering diminta untuk menyampaikan pidato, materi yang berkaitan dengan Public Speaking. Tantangan yang sering dirasakan ialah menaklukkan keraguan atau rasa tidak percaya diri. Itu belum seberapa jika harus berbicara di depan banyak orang menggunakan bahasa Inggris.

Entah di sekolah, kampus bahkan di dunia kerja pasti permintaan untuk tampil di depan orang banyak akan tiba.  Bicara di depan banyak orang aja sudah bikin deg-degan, apalagi Public Speaking yang harus menggunakan bahasa Inggris.

Malahan kita selayaknya wajib menyusun grammar, vocabularies serapi mungkin supaya sesuai dengan tema acara. Namun, jangan gugup dan takut. Nah, ini 5 tips dalam pembelajaran di kampung Inggris, agar bisa lancar ngomong dengan bahasa Inggris di hadapan khalayak umum.

1. Persiapan Matang

Mempersiapkan materi secara rinci dan memastikan bahwa telah memahami setiap kalimat yang akan disampaikan. Jangan sepelekan persiapan ini karena merupakan bekal paling utama sebelum kalian maju ke depan publik dan berbicara dengan bahasa Inggris.

Kalau diperbolehkan membawa catatan sebagai pegangan, kamu tetap harus mengingat kalimat-kalimat dalam catatan tersebut. Setidaknya, tema Public Speaking yang tersusun singkat bisa berfungsi sebagai pengingat di kala sudah berada di hadapan banyak orang.

Dan perlu diingat, jika pada saat menyampaikan materi cuma mengandalkan catatan tanpa melakukan interaksi, kemungkinan kurang menarik perhatian audiences dan juga membosankan.

Baca Juga:  6 Cara Mudah Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

Oleh karena itu, pastikan materi yang disampaikan sesuai dengan tema yang diusung, ringkas, serta tegas. Tujuannya ialah agar gagasan dari Public Speaking nanti tidak multi persepsi atau justru membuat penonton bingung.

2. Practice Makes Perfect

Jangan malas latihan. Bahasa Inggris memang memiliki pelafalan unik, selalu pelajari cara pengucapan beberapa kosakata yang baik dan benar. Public Speaking dalam bahasa Inggris menuntut kita mengucapkan kata dengan tepat. Dan harus mengerti kapan harus menyampaikan jeda di setiap kalimatnya.

Jika kamu memasukkan unsur humor, sampaikan sejelas mungkin dan dengan nada yang tepat sehingga mampu membuat audience tertawa. Lakukan latihan sesering mungkin, minimal 4 hingga 5 kali, niscaya akan membuat kalian pede saat tampil di depan banyak orang.

3. Rekam, Dengarkan, dan Perbaiki

Gunakan aplikasi perekam, baik suara maupun video di handphone kamu. Pastikan bahwa tidak ada pengucapan kata yang salah dan intonasi yang keliru. Terkadang, ketika latihan, kita melakukan kesalahan tanpa kita sadari.

Namun, jika sudah terekam kamu bisa dengan mudah menemukan beberapa kesalahan atau sesuatu yang kurang pas dalam penyampaian materimu.

Dalam bahasa Inggris memang ada beberapa kata yang pengucapannya kedengaran unik dan mirip. Namun saat menyadari letak kesalahannya, hal yang harus dilakukan adalah bagaimana cara pengucapannya yang benar. Lalu berlatihlah lebih sering pada kata tersebut.

Baca Juga:  6 Cara Mudah Menghafal Kosakata Bahasa Inggris
4. Anggap Para Penontonmu Seperti Teman

Saat di atas panggung dan di depan para audience. Ubahlah cara pandangmu terhadap mereka. Anggap mereka sebagai teman lama ialah salahsatu cara yang dianggap paling efektif mengurangi kecemasan saat tampil untuk bicara di depan umum. Ketika kita berbicara di depan teman lama, tentu kamu akan lebih santai dan tidak terburu-buru dalam menyampaikan materi.

5. Belajar Dari yang Lebih Berpengalaman

Menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris merupakan proses belajar yang tidak singkat. Namun salahsatu jurus manjur Public Speaking bahasa Inggris ialah mempelajarinya secara intensif.

Mempergunakannya sehari-hari dan tentu saja dengan pengawasan dan bimbingan dari yang lebih berpengalaman akan membantumu berbahasa Inggris secara lancar. Dan kamu tidak perlu khawatir. Jika kamu ingin menguasai bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan era milenial saat ini. Datang ke Kampung Inggris. Nah, kalau kamu punya tips tambahan atau beberapa pertanyaan tentang program pembelajaran di Kampung Inggris. Tulis aja di kolom komentar!