6-Cara-Mudah-Menghafal-Kosakata-Bahasa-Inggris

6 Cara Mudah Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

KAMPUNG INGGRIS – Pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh semua orang yang baru belajar Bahasa Inggris ialah “Bagaimana cara menghafal banyak vocabulary?”. Untuk itulah, maka English Tips berikut ini memberikan beberapa cara mudah yang bisa dipraktikkan.

Dengan menambah wawasan dan hafalan vocabulary pastinya bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris dengan jelas. Lebih dari itu, mempelajari kosakata baru sebenarnya merupakan kegiatan yang menyenangkan karena bisa dilakukan dengan teman atau saudara yang ada di sekeliling kita. Ajaklah mereka untuk belajar bersama menghafal kata-kata baru dengan suasana yang lebih seru.

1. Baca, Baca dan Baca

Semakin sering membaca dan semakin banyak buku, majalah, newspaper< atau apa pun dalam bahasa Inggris yang dibaca, maka semakin banyak kata baru yang akan ditemui serta dipelajari. Ketika menemukan kata baru, coba pahami makna dari kalimat tersebut atau jikalau perlu, carilah artinya di dalam kamus.

Siapkan buku tulis atau kertas, lalu catat kata-kata yang baru ditemukan berikut dengan artinya. Dengan begitu akan terlihat rapi sekaligus cukup nyaman untuk dibaca lagi. Cara ini bisa meningkatkan hafalan kosakata bahasa Inggris yang memiliki banyak sekali variasinya.

2. Gunakan Kamus dan Ensiklopedia

Silakan cari dalam bentuk apapun yang digemari, baik berupa cetak, perangkat lunak ataupun media daring. Kamus yang berkualitas seperti, Oxford Dictionary, Merriam Webster Dictionary maupun Longman Dictionary jauh lebih baik dibandingkan website penerjemah yang dimiliki oleh Google.

Baca Juga:  5 Tips Percaya Diri Public Speaking dalam Bahasa Inggris

Maka dari itu, kapan pun, jikalau menemukan kata baru, cari artinya di dalam kamus sekaligus untuk mengetahui cara pengucapannya. Jangan lupa juga untuk mencari Synonym dan Antonym dari kata atau frase tersebut agar tambah lengkap pemahamannya.

3. Membuat Kamus Sendiri

Menulis setiap kosakata baru yang ditemukan baik pada saat membaca, mendengar lagu maupun menonton film berbahasa Inggris, karena dengan menuliskannya akan lebih cepat mengenal kata baru tersebut. Semakin banyak yang tercatat, maka kesempatan menghafal bermacam-macam kosakata bahasa inggris semakin besar.

Dengan adanya kamus pribadi yang dibuat sendiri, akan terasa nyaman untuk mempelajarinya. Lebih dari itu, biasanya, kosakata bahasa Inggris yang tercatat pada kamus pribadi berdasarkan pada topic yang sudah menjadi kegemaran sehingga belajar bahasa Inggris menjadi menyenangkan.

4. Gunakan Permainan

Cari permainan kata yang menantang sehingga Anda dapat menemukan kata baru.&nbsp; Contohnya, puzzle, anagrams, scrabble, acak kata, dan boggle. Apalagi sekarang, semua jenis permainan ini bisa didapatkan melalui aplikasi smartphone kalian.

Tinggal browsing di Appstore atau Playstore dengan kata kunci jenis-jenis permainan tersebut, pasti akan muncul dengan segera. Jikalau perlu, ajak teman atau saudara untuk bermain bersama agar semakin seru dan tidak membosankan.

5. Terlibat dalam Percakapan

Bercakap dengan menggunakan bahasa Inggris kepada orang lain dapat membantu untuk menemukan kata baru. Pada awalnya mungkin akan   ragu, karena masih belum cukup percaya diri. Jika masih malu terlibat percakapan secara verbal, tidak ada salahnya memulai dengan text melalui aplikasi messenger yang penggunanya paling banyak.

Baca Juga:  5 Tips Percaya Diri Public Speaking dalam Bahasa Inggris

Misalkan; Facebook, cari teman bule, Native English Speaker, dan beranikan diri untuk mengajak ngobrol dan jangan lupa manfaatkan teknologi internet sebagai bantuan terjemahan. Ketika sudah mulai merasa terbiasa berbahasa Inggris, itu pertanda bahwa ada kemajuan dalam usaha meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

6. Belajar di Kampung Inggris

Kepopuleran Kampung Inggris sebagai tempat belajar yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sudah teruji selama puluhan tahun. Tersedia berbagai macam metode pembelajaran yang memberikan solusi cepat menghafalkan kosakata bahasa Inggris bagi siapapun.

Dimulai dari jadwal belajar yang terintegrasi langsung dengan lingkungan tempat tinggal siswa melalui English-Area Camp hingga tangan dingin para pengajar yang berpengalaman, maka tidaklah susah menjadi lancar berbahasa Inggris dengan waktu yang bisa disesuaikan asalkan ada kemauan serta niat yang kuat.

***

Kunci untuk meningkatkan hafalan kosakata bahasa Inggris sedari awal memang bertumpu pada kemauan serta niat masing-masing. Dengan menggunakan tips dari artikel ini, diharapkan bisa membantu menghafal kosakata Bahasa Inggris dengan cepat.

Semakin banyak kosakata yang diketahui, semakin nyaman berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Selain itu, jangan pernah berhenti berlatih untuk menggunakan vocabulary baru baik dalam tulisan maupun lisan. Semoga berhasil!