Beginilah Lingkungan Yang Hanya Ada Di Kampung Inggris Pare

KAMPUNG INGGRIS – Jika dilihat dari penampilan luarnya, Kampung Inggris yang terkenal di seantero Indonesia ini tidak memiliki perbedaan signifikan dengan kampung lainnya. Bangunannya berjejer dengan sederhana di sebelah kanan-kiri jalan seperti biasa.

Di Kampung Inggris, belum semua bangunan memiliki bentuk bangunan modern, bahkan ada beberapa rumah warga masih ber-arsitektur lawas. Namun, dibalik penampilan kesederhanaan ini lah terdapat rahasia-rahasia ilmu yang menjadi bukti perjalanan ratusan ribu anak bangsa yang mengejar mimpinya.

Ada yang memilih bekerja diluar negeri, melanjutkan pendidikan, berkarya sebagai guru, pengusaha bahkan tidak sedikit dari mereka kini menempati jabatan strategis di jajaran pemerintahan dan lain sebagainya.

Memang benar dengan banyaknya orang yang berduyun datang di Kampung Inggris membawa perubahan ekonomi sehingga warga asli yang tinggal di Kampung Inggris memanfaatkan kondisi ini dengan membuka beragam toko serta usaha lainnya yang mendukung proses pembelajaran, seperti warung makanan, toko buku, rental sepeda, laundry dan tentu saja, menyewakan rumahnya untuk dijadikan kost maupun English Area Camp.

Baca Juga:  Kampung Inggris Bercerita #4

Yang harus digaris bawahi, karena fakta sebenarnya Kampung Inggris ini seperti perkampungan biasa lainnya, maka fasilitasnya pun cukup sederhana akan tetapi sangat layak untuk ditempati.

Jarang sekali ada rumah memiliki fasilitas layaknya hotel atau homestay yang menyediakan segala layanan mewah seperti AC, shower dan hal-hal berkaitan dengan kemewahan.

Bukan berarti fasilitas tersebut tidak ada, tetap tersedia namun jumlahnya sangat terbatas. Umumnya, rata-rata per kamar disini ditempati sekitar 2 sampai 4 orang dan dengan kondisi seperti ini, mewajibkan kamu untuk bisa ber-sosialisasi dengan baik.

Mayoritas para siswa yang datang di Kampung Inggris menggunakan sepeda untuk mendukung segala aktivitasnya, lagi pula jarak antar tempat yang dituju tidaklah jauh. Misalnya, ingin membeli kamus di toko buku, jaraknya bisa ditempuh hanya dengan bersepeda dari English Area Camp.

Baca Juga:  Gundala Tak Perlu Keminggris Untuk Jadi Pahlawan Super

Untuk tempat belajar, jangan heran kalau di Kampung Inggris Pare sering ditemukan kelas yang bisa dimana saja, semisal di teras rumah, warung, lapangan bola, bawah pohon dan dimana saja.

Semua itu bisa dilakukan di Kampung Inggris karena proses pembelajaran yang tidak bertele-tele dan lebih bertumpu pada tujuannya, yaitu memiliki kemampuan yang mahir dalam berbahasa Inggris. Jadi, Kapan kamu ke Kampung Inggris?