Kampung Inggris juga Ikuti Upacara Kemerdekaan di Situs nDalem Pojok

KAMPUNG INGGRIS – Kemerdekaan senantiasa mempunyai arti yang sangat penting bagi Indonesia. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan pengakuannya oleh dunia telah didapatkan bangsa ini dengan perjuangan berat tak kenal pamrih. Dengan modal kemerdekaan, suatu bangsa akan memiliki harga diri dan dapat bersama-sama duduk saling berdampingan dengan bangsa-bangsa di dunia.

Untuk menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah gugur demi mewujudkan itu semua, upacara memperingati kemerdekaan Republik Indonesia menjadi tradisi wajib bagi masyarakat, tak terkecuali oleh para anak bangsa yang berada di Kampung Inggris. Banyak Lembaga Kursus yang ada di Kampung Inggris ikut mengadakan upacara kemerdekaan untuk menghormati momen ini.

Namun ada yang berbeda di tahun ini karena beberapa Lembaga Kursus di Kampung Inggris berinisiatif melaksanakan upacara kemerdekaan di tempat bersejarah yaitu situs nDalem Pojok Bung Karno yang berlokasi di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri.

Tempat berupa rumah ini pernah menjadi bagian dari cerita masa kecil Soekarno. Bisa dikatakan pula, bahwa tempat ini dulu merupakan lokasi Sang Proklamator melalui pendidikan usia keemasan bersama dengan kedua orang tuanya yakni Sukeni dan Nyoman Ida. Dan menurut bukti sejarah yang ada, Presiden Soekarno pada medio 1950an pernah beberapa kali singgah ditempat ini.

Baca Juga:  5 Manfaat Belajar di English Area Camp Kampung Inggris

Rumah berdesain klasik ini terletak sesuai dengan namanya, berada di pojok jalan dan berada agak jauh dari lokasi jalan raya utama yang menghubungkan Kecamatan Wates dan Kecamatan Ngancar yang masih berada di sekitar daerah lereng Gunung Kelud.

Adapun kondisi nDalem Pojok sangat berbeda dengan deretan rumah di kawasan rumah sekitar. Di sana mempunyai halaman luas. Ada sebuah pohon Kantil yang usianya ratusan tahun. Udara yang sejuk dan keheningan kampung membuat orang yang singgah di sana merasa nyaman. Untuk mencapainya, harus mengikuti arahan tanda panah yang berada di jalan raya desa, dan letaknya yang agak terpencil harus diakui memang membutuhkan ketelitian.

Baca Juga:  5 Akhir Kisah Cinta yang Terjadi di Kampung Inggris

Layaknya upacara kenegaraan, seluruh peserta, khususnya dari yang  Kampung Inggris, mengikutinya dengan khidmat dan tampak raut haru sekaligus bangga di wajah mereka. Kampung Inggris yang notabene adalah miniatur Indonesia, diwakili oleh para siswanya mendapatkan kesempatan untuk terlibat pada barisan upacara bersama dengan komunitas lain yang ada di Kabupaten Kediri dan sekitarnya.

Antusiasme mengenal sejarah melalui kegiatan seperti yang dilakukan oleh beberapa lembaga kursus dari Kampung Inggris, patut diapresiasi karena bagaimanapun juga, para siswa dari Kampung Inggris ini juga generasi masa depan bangsa Indonesia.

Semoga saja dari kegiatan ini, kedepannya nanti generasi ini bisa terinspirasi untuk berdaulat menciptakan manusia yang merdeka dan berdaulat atas dirinya, sehingga mampu menemukan, memetakan dan memecahkan masalah di sekitarnya. Merdeka!