Kampung Inggris Rutin Selenggarakan Diskusi

Kampung Inggris Rutin Selenggarakan Diskusi

KAMPUNG INGGRIS – Kampung Inggris memiliki kegiatan diskusi rutin yang diselenggarakan secara berkala pada setiap bulannya. Kali ini diskusi di  Kampung Inggris dengan topik, Eksistensi Pendidikan Progresif di Ruang Kearifan Budaya Lokal. Membahas tentang peran bahasa sebagai media komunikasi, menyambung rasa dan transformasi ilmu pengetahuan yang dihubungkan dengan kultur yang ada di Kampung Inggris Pare.

Hadir sebagai pembicara yaitu Uun Nurcahyanti (Pegiat Literasi dan Praktisi Pendidikan) dan Dwi Indah Wahyuni (Praktisi Pendidikan). Pengunjung didominasi oleh pemuda-pemudi Indonesia yang sedang belajar di Kampung Inggris Pare. Mereka memiliki kesempatan untuk bertanya langsung dengan para narasumber pada kegiatan diskusi di Kampung Inggris Pare ini.

Selain mendapatkan banyak informasi tentang dunia pendidikan yang ada di Kampung Inggris Pare maupun secara umum, pengunjung juga disuguhi dengan simulasi salah satu model pembelajaran bahasa yang biasa diaplikasikan di Kampung Inggris. Dari simulasi tersebut, ditampilkan seorang guru sedang mengajar bahasa Inggris pada beberapa siswa sekolah dasar di dalam kelas. Sang guru memulai kelas dengan perkenalan yang aktif dan dengan sigap mengondisikan suasana kelas menjadi nyaman bagi para siswa.

Baca Juga:  Ternyata Kampung Inggris Tidak Buka Cabang, Ini Alasannya!

Setelah keduanya terpenuhi, beberapa gambar benda ditunjukkan lalu memberikan arahan untuk meniru pelafalan nama dari benda tersebut dalam bahasa Inggris. Di tahap berikutnya, siswa diajarkan untuk menulis sesuai dengan ejaan bahasa Inggris yang benar. Prinsipnya, salah satu metode pembelajaran bahasa yang masih cukup efektif ialah dengan meniru apa yang sudah dicontohkan. Bila kegiatan belajar mengajar yang diciptakan efektif, maka perkembangan bahasa dapat berjalan secara optimal. Sebaliknya bahwa jika kurang efektif, maka perkembangan bahasa bisa mengalami hambatan. Dan hal ini dapat diaplikasikan pada metode pembelajaran di kursusan yang ada di Kampung Inggris.

Bahasa merupakan alat komunikasi paling efektif dalam pergaulan sosial, maka sangat diperlukan proses pembelajaran bahasa yang komunikatif dan memungkinkan semua pihak untuk terlibat interaksi belajar-mengajar dapat berperan aktif sekaligus produktif. Dan di antara sekian banyak wilayah pendidikan di Indonesia, Kampung Inggris merupakan sudah teruji dan sangat berpengalaman dalam hal meningkatkan kemampuan berbahasa.

Baca Juga:  Anggur Merah Bisa Bikin Lancar Ngomong Inggris?

Lingkungan yang kondusif dengan alami tercipta sesuai dengan kebutuhan untuk pembelajaran bahasa, terutama bahasa Inggris. Bertempat di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Kresna Institute di Kampung Inggris Pare, turut pula penampilan dari aneka ragam komunitas sebagai pengisi sesi Art Performances. Tercatat ada Pare String Ensemble, Seni Hadrah warga Desa Tulungrejo dan Desa Pelem Kampung Inggris, Pare, komunitas ASSET (Sulawesi), Wong Kito Galo (Palembang) serta komunitas Sastra Pare. Kegiatan diskusi rutin Kampung Inggris, pada kesempatan ini sekaligus merupakan bagian dari kerja sama program liputan CNN Indonesia di Kampung Inggris Pare.