Perlombaan 17 Agustus di Kampung Inggris

Perlombaan 17 Agustus di Kampung Inggris

KAMPUNG INGGRIS – Beberapa hari terakhir ini Kampung Inggris diramaikan dengan kegiatan memperingati hari Kemerdekaan Indonesia. Seperti masyarakat pada umumnya, cara unik merayakan Kemerdekaan Indonesia ialah dengan melaksanakan perlombaan yang juga bertujuan untuk mempererat persaudaraan antar sesama anak bangsa di Kampung Inggris. Lalu hal-hal apa saja yang bisa didapatkan dan dipelajari dari perlombaan 17 Agustus ini?

1. Mempererat Keakraban

Meski hampir setiap hari bertemu, semua yang sedang berjuang menempuh pendidikan di Kampung Inggris masih memerlukan kegiatan perlombaan seperti ini untuk mempererat keakraban. Hal ini sangat dibutuhkan untuk membantu proses pembelajaran di Kampung Inggris yang juga sangat bergantung pada kualitas interaksi antar siswa. Jika sebelumnya saling mengenal sebatas ruang kelas, di dalam perlombaan, masing-masing siswa memiliki peluang untuk saling memahami satu sama lain.

2. Tertawa dan Bersenang-Senang Bersama

Jadwal belajar yang sangat padat di Kampung Inggris, terkadang bisa membuat penat. Dengan adanya perlombaan seperti ini berarti juga ada kesempatan melihat aksi konyol para peserta lomba yang tentunya akan mengocok perut para penonton di  Kampung Inggris. Situasi ini justru bisa menjadi salah satu esensi dari lomba di mana semua orang dapat melepas kegengsiannya sehingga dapat bersenang-senang bersama teman-temannya seangkatan di kursusan Kampung Inggris .

Baca Juga:  Kampung Inggris juga Ikuti Upacara Kemerdekaan di Situs nDalem Pojok
3. Ajang Mencari Pasangan

Lomba 17 Agustus di  Kampung Inggris ini juga bisa dijadikan ajang tebar pesona dan mencari pasangan karena banyak siswa maupun siswi yang keluar dari rutinitas harian mereka untuk mengikuti atau menonton lomba. Mempersiapkan diri secara fisik dan mental menjadi modal awal yang tidak boleh dilupakan. Apabila sedang beruntung, bisa dijadikan partner belajar agar semakin lancar berbahasa Inggris di Kampung Inggris Pare. Ibarat seperti menyelam sambil meminum air.

4. Mendapatkan Hadiah yang Menarik

Setiap usaha pasti akan ada hasilnya, begitu juga dalam perlombaan di Kampung Inggris kali ini. Semua gerak dan strategi juga diperlukan untuk meraih juara. Jika bisa menang, ada beberapa hadiah menarik yang bisa didapatkan, seperti handphone, uang tunai, buku hingga beasiswa belajar di Kampung Inggris. Namun bila sebaliknya, setidaknya tidak menyia-nyiakan kesempatan tangan hanya bisa diikuti ketika momen tertentu saja, salah satunya dalam rangka merayakan Kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga:  Kampung Inggris Mencetak Alumni Yang Hanya Jago Kandang?
5. Mengajarkan Semangat Kerja Keras, Pantang Menyerah dan Gotong Royong

Para pejuang yang telah gugur di medan perang menggunakan semangat kerja keras, pantang menyerah dan kerja sama untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Semangat ini yang juga harus ditanamkan kepada siswa setiap dalam perlombaan, entah itu harus dilalui sendiri atau berkelompok, yang terpenting ialah keberanian untuk tampil dan berpartisipasi karena salah satu tujuan dari kegiatan semacam ini ialah timbulnya kepercayaan diri dari masing-masing pesertanya. Bukan pula mencari kemenangan semata namun juga persaudaraan yang mencerminkan gotong royong sebagai inti jiwa bangsa Indonesia. Semangat itu yang coba dijaga melalui perlombaan di Kampung Inggris.

17 Agustus yang merupakan hari penting bagi seluruh rakyat Indonesia tak terkecuali mereka yang kursus di  Kampung Inggris. Perlombaan ialah cara unik untuk menunjukkan pada dunia bahwa setiap kegiatan yang berkaitan dengan peringatan kemerdekaan membutuhkan gotong royong sebagai inti jiwa bangsa Indonesia.